KATA PENGANTAR
Puji Syukur kita panjatkan kehadlirat
Allah SWT, karena dengan ijin-Nya, kami dapat menyusun dan menyelesaikan
Proposal ini dengan baik, lengkap dan jelas. Harapan kami, semoga nantinya bisa
digunakan sebagai sarana memperoleh persetujuan dana guna mengembangkan program
pengembangan fasilitas sarana Laboratorium Komputer di MTs Al Mukarromin Wadak
Kidul Duduksampeyan Gresik.
Proposal ini disusun sebagai bentuk
kepedulian warga sekolah dalam rangka Pengembangan Sumber Daya para anak didik
melalui peningkatan fasilitas Laboratorium Komputer.
Kami menyadari bahwa dalam membuat
proposal ini masih banyak kekurangan dan hambatan, sehingga perlu adanya
penyempurnaan melalui kritik dan saran yang membangun dari dewan pengurus yang
terhormat.
Kepada semua pihak yang telah membantu
penyusunan sampai dengan penyelesaian serta pengesahan Proposal ini, kami
menghaturkan terima kasih, semoga nantinya pengajuan ini bisa digunakan untuk
memperoleh dana yang dimaksud.
Wadak Kidul, 28 Maret 2012
Mengetahui Penanggung
Jawab LAB Komputer
Kepala Sekolah,
Khoirul Anam, S.T M.
Mundir Asror, S.Hi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Seiring dengan kemajuan pendidikan yang ditandai peningkatan
sumber daya manusia dan kemampuan siswa sebagai mitra pembelajaran, akan
membawa suasana yang semakin kondusif dan terbuka, dimana kedua lini saling
mengisi dan melengkapi (Take and Give). Adanya kompetensi yang semakin
menguatkan lini persaingan dari sektor kualitas, maka setiap sekolah dituntut
untuk berbenah dan menata secara internal agar pengembangan ketrampilan pada
siswa ditingkatkan melalui pembelajaran teori dan praktek.
Penanggung Jawab LAB Komputer dalam memberikan materi
pembelajaran perlu didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai
terutama yang menyangkut teknologi dan informasi. Hal tersebut dalam rangka
mendukung proses pembelajaran berbasis media dan tekhnologi sehingga kegiatan
belajar mengajar semakin hari semakin berkembang dan maju.
Terkait dengan hal tersebut maka laboratorium komputer
menjadi suatu keharusan agar terwujud proses pembelajaran sebagai mana yang dimaksud.
Untuk itu Persetujuan guna diadakannya perbaikan serta pengembangan lab
computer ini menjadi sangat penting dan kami harapkan. Sehinggu tujuan
pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan terwujud.
B. Visi dan
Misi
1.
Visi Sekolah
Penanggung
Jawab LAB Komputer
mempunyai Visi kedepan “Terwujudnya madrasah dan peserta didik yang unggul,
berprestasi, cerdas, cakap, dan berbudaya dengan berbasis IPTEK dan IMTAQ
berhaluan Ahlusssunah Wal Jama’ah”
2.
Misi Sekolah
a. Membuat sistem menejemen madrasah
berstandar nasional
b. Membuat sistem pendidikan berstandar
nasional
c. Mengoptimalkan pengamalan ajaran
Islam berhaluan Ahlussunah wal Jama’ah
d. Meningkatkan penguasaan teknologi
informasi dan komunikasi
e. Mengoptimalkan kegiatan pengembangan
diri berbasis lokal
C. Tujuan dan
Sasaran
a. Menyiapkan sumber daya manusia yang handal, cakap dan
unggulan dalam berbagai sektor pembangunan.
b. Menyiapkan tenaga kerja yang
professional.
c. menjadikan peserta didik yang bisa
mandiri dalam berbagai bidang.
PROFIL SEKOLAH
MTS AL MUKARROMIN WADAK KIDUL
1. Data Madrasah
1. Nama
Madrasah :
MTs. Al Mukarromin
2. Status
Madrasah :
Terakreditasi B
3. Piagam
Madrasah No / Tahun : B /Kw.
13.4 / Mts / 801 / 005
4. Penyelenggaraan
Pendidikan : Pagi pukul 07.00
s/d 12.40 WIB
5. Alamat :
Jalan Utama Desa No. 02 Desa
Wadak Kidul Kecamatan Duduksampeyan
Gresik
6. Telepon :
(031) 3904709
7. NDM :
210100
8. NSM :
121235250015
9. NPSN :
20501361
2. Identitas Kepala Madrasah
- Nama / NIP : Khoirul Anam, S.T
- Jenis Kelamin : Laki-Laki
- Tempat dan Tgl Lahir : Gresik, 25 April 1973
- Pangkat / Golongan : -
- Alamat : Jl. Sunan Ampel, RT. 04 / RW. 01,
Wadak Kidul, Duduksampeyan Gresik
- Telepon / HP : 085258240406
- Masa Kerja Sebagai Kep Mad : 3 Tahun
- Pendidikan Terakhir : Sarjana (S1)
3. Keadaan Guru
No
|
Mata
Pelajaran
|
Jml
|
Status
|
Pendidikan
|
Kelayakan
|
Ket
|
|||||
Guru
|
PN
|
Swst
|
D3
|
S1
|
S2
|
Lain2
|
Tidak
|
Iya
|
|||
1
|
Pendidikan Agama
Islam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Qur’an Hadist
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
2. Fiqih
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
3. Aqidah Ahlak
|
1
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
4. SKI
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
5. B. Arab
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
|
2
|
PPKN
|
1
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
3
|
B. Indonesia
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
4
|
B. Inggris
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
5
|
Matematika
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
6
|
IPA
|
2
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
7
|
IPS
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
8
|
Seni Budaya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Penjas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
TIK
|
1
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
11
|
Muatan Lokal
|
1
|
|
√
|
|
|
|
√
|
|
√
|
|
12
|
Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Data Siswa
Kelas
VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas
IX
|
Jumlah
Total
|
Jumlah
Rombel
|
||||||||
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
L
|
P
|
JML
|
|
24
|
21
|
45
|
13
|
28
|
41
|
14
|
20
|
34
|
51
|
69
|
120
|
6
|
5. Keadaan Sarana dan Prasarana
No
|
Jenis
Sarpras
|
Jumlah
|
Ukuran
(m)
|
Kebutuhan
|
Kondisi
|
Ket
|
||||
Lebih
|
Cukup
|
Kurang
|
Lebih
|
Cukup
|
Kurang
|
|||||
1
|
Ruang Kelas
|
6
|
7x9
|
√
|
|
|
√
|
|
|
|
2
|
Ruang Kepala Madrasah
|
1
|
3,5x5
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
3
|
Ruang Guru
|
1
|
3,5x7
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
4
|
Ruang TU
|
1
|
3,5x3
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
5
|
Ruang Waka Madrasah
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ruang BP
|
1
|
3,5x3,5
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
7
|
Ruang UKS
|
1
|
3,5x3,5
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
8
|
Ruang Perpus
|
1
|
5x7
|
|
√
|
|
√
|
|
|
|
9
|
Ruang Lab Komputer
|
1
|
7x7
|
|
√
|
|
√
|
|
|
Komputer terbatas
|
10
|
Ruang Lab IPA
|
1
|
6x7
|
|
√
|
|
|
|
|
Belum ada isi
|
11
|
Ruang OSIS
|
1
|
3,5x3,5
|
|
√
|
|
|
√
|
|
|
12
|
Ruang Keterampilan
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Koperasi
|
1
|
3x3
|
|
√
|
|
|
|
|
|
14
|
Kantin
|
1
|
3x3
|
|
√
|
|
|
|
|
|
15
|
Kamar Mandi / WC Guru
|
1
|
3x3
|
|
|
√
|
|
√
|
|
|
16
|
Kamar Mandi / WC Murid
|
2
|
2x2
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
17
|
Gudang
|
1
|
2x8
|
|
|
√
|
√
|
|
|
|
BAB II
SPESIFIKASI
KEBUTUHAN LABORATORIUM KOMPUTER
Spesifikasi praktik laboratorium
yang ada di MTs Al Mukarromin Wadak Kidul mencakup beberapa hal kebutuhan
laboratorium yaitu Laboratorium Komputer berikut perlatannya.
Saat ini Al Mukarromin Wadak kidul
belum memiliki kebutuhan laboratorium sesuai dengan spesifikasi yang telah
ditentukan oleh BSNP dan untuk itu secara berkelanjutan perlu dilakukan
pengembangan sesuai dengan spesifikasi bidang pendidikan yang dikembangkan.
Secara umum laboratorium komputer di Al Mukarromin Wadak Kidul digunakan dalam
rangka menunjang pembelajaran baik dalam pelajaran normative, adaptif mapun
produktifnya.
Al Mukarromin Wadak Kidul baru
memiliki gedung laboratorium komputer, dan berdasarkan spesifikasinya saat ini
masih tahap pemenuhan kebutuhan dalam rangka mencapai rasio dengan jumlah siswa
Al Mukarromin Wadak Kidul. Kebutuhan tersebut akan semakin meningkat mengingat
adanya pertumbuhan dan kemajuan di Al Mukarromin Wadak Kidul yang mengarah pada
kekhususan, sehingga menuntut pemenuhan kompetensi sesuai kebutuhan termasuk
keterampilan yang harus dimiliki. Selain itu pemenuhan kebutuhan laboratorium
juga harus ditingkatkan, hal ini karena jumlah peserta didik pada tahun-tahun
mendatang cenderung terus bertambah. Saat ini MTs Al Mukarromin memiliki jumlah
siswa sebanyak 120 anak.
Dengan bertambahnya jumlah siswa
maka jumlah sarana prasarana laboratorium komputer juga perlu ditambah. Hal ini
dilakukan untuk menjaga kesesuaian antara jumlah siswa, serta menyesuaikan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
A.
KEBUTUHAN LABORATORIUM KOMPUTER
Kebutuhan akan laboratorium tentunya
disesuaikan dengan kompetensi yang harus dimiliki para siswa sehingga selain
Siswa mempunyai dasar pendidikan formal juga mahir pada keterampilan komputer.
Kebutuhan tersebut juga disesuaikan dengan jumlah siswa yaitu perbandingan antara
ketersediaan sarana prasarana laboratorium dengan jumlah siswa. Jumlah
peralatan laboratorium yang ideal adalah 20 unit per ruangan dengan
perbandingan satu siswa dengan satu unit peralatan laboratorium (1 : 1).
Namun untuk saat ini kami
mencukupkan diri dengan menggunakan rasio 2:1 yakni satu komputer untuk dua
anak, akan tetapi dalam perakteknya masih jauh dari rencana rasio 2:1 sebab
ketersediaan komputer yang ada saat ini kurang dari 10 unit.
Kondisi yang ada di Al Mukarromin
Wadak Kidul saat ini bahwa kebutuhan laboratorium, masih harus ditingkatkan
baik dari segi jumlah maupun kwalitas teknologi yang disesuaikan dengan
perkembangan pendidikan saat ini.
Untuk Al Mukarromin Wadak Kidul peralatan
laboratorium komputer jumlah perangkat fisiknya perlu ditambah dan ditingkatkan
kemampuan dengan fasilitas jaringan dan internet.
PERALATAN LABORATORIUM
Peralatan yang dimiliki Al
Mukarromin Wadak Kidul masih terdapat kekurangan dari segi rasio antara alat
dengan peserta didik. Disamping itu masih terdapat alat-alat baru dan modern
yang belum dimiliki oleh Al Mukarromin Wadak Kidul.
Fasilitas Laboratorium Komputer Yang
Telah Tersedia
Al
Mukarromin Wadak Kidul
Nama
Peralatan/Gedung
|
Yang
Ada
|
Kondisi
|
Gedung Laboratorium Komputer
|
1
buah
|
Baik
|
Komputer (PC)
|
8
buah
|
Kerusakan
70%
|
Laptop
|
1
buah
|
Kerusakan
50%
|
Printer
|
2
buah
|
Baik
|
Meja
|
8
buah
|
Baik
|
Kursi
|
8
buah
|
Baik
|
Pengatur Daya
|
1
buah
|
Baik
|
Monitor LCD
|
9
buah
|
Baik
|
1
buah
|
Baik
|
|
LCD Player
|
1
buah
|
Baik
|
Modul Paktikum
|
0
set
|
-
|
B.
ANALISIS SITUASI
1.
Kekuatan (Strength)
a. Telah memiliki gedung asrama dan
gedung sekolah milik sendiri dengan Kondisi yang cukup baik.
b. Memiliki tenaga ahli komputer yang memadai
c.
Telah memiliki
sebagian sarana prasarana laboratorium komputer dengan kondisi kurang baik.
2.
Kelemahan (Weakness)
a.
Sumber
pemasukan sebagian besar berasal dari siswa dengan nominal yang rendah.
b.
Sumber dana
lainnya berasal dari Pengurus
yayasan, namun peruntukan untuk LAB belum ada..
3.
Ancaman (Threat)
a.
Tuntutan
kompetensi terhadap alumni dalam Bidang Keilmuan setingkat MTs serta di
era global.
b.
Pelaksanaan
pasar bebas yang memberikan kesempatan kepada tenaga asing yang kompeten untuk
bekerja di Indonesi.
C.
PROGRAM YANG DIAJUKAN
1. Pemasangan Modem Internet Speedy
Sesuai dengan standar nasional
pendidikan, bahwasanya setiap lembaga pendidikan diharuskan memiliki jaringan
akses internet sekolah, sedangkan untuk saat ini MTs Al Mukarromin belum
memiliki jaringan internet sekolah semenjak program schoolnet dihentikan oleh
dinas pendidikan, sesuai dengan anjuran
dari pihak dinas pendidikan gresik, diharapkan sekolah yang sudah tidak
mendapat layanan Schoolnet memasang jaringan internet secara mandiri dan
diperkenankan menggunakan dan BOS untuk keperluan tersebut. Dan kami berharap
izin dari bapak pengurus untuk memasangan jaringan internet speedy dengan paket
512 Mb (Paket termurah) guna kepentingan belajar para anak didik di MTs Al
Mukarromin Wadak Kidul, Duduksampeyan Gresik
2. Peningkatan (Upgrade) memory komputer
Sesuai dengan Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar (SK/KD) mata pelajaran TIK mulai tahun 2011 serta kebutuhan
pnyesuaian perkembangan zaman, maka kami berencana meningkatkan spesifikasi
komputer yang ada saat ini agar bisa compitable dengan windows 7 dan juga
office 2007 maka kami berencana meningkatkan random acses memory (RAM) tiap
Unit komputer yang asalnya hanya 125 MB dan sebagian 256 MB menjadi 512 MB
3. Penambahan 3 unit komputer dan perbaikan komputer lama
Untuk mendukung keefektifan pembelajaran
praktikum komputer, kami mengharapkan tiap Unit Komputer yang ada bisa
digunakan oleh dua orang peserta didik, dengan rasio 2:1 ini diharapkan para
anak didik bisa lebih mengerti materi yang disampaikan oleh para guru, namun
pada kenyataanya, komputer yang ada di MTs Al Mukarromin saat ini hanyalah
sebanyak 8 unit ditambah satu buah laptop yang keseluruhannya kondisinya cukup
memperihatinkan, disamping itu, 8 unit
komputer tersebut tidak semuanya berada di LAB Komputer, satu digunakan untuk
administrasi sekolah (TU Administrasi) dan satu lagi digunakan di ruang kerja
WAKA madrasah, sehingga total komputer yang ada di Lab komputer saat ini adalah
6 unit plus satu laptop, maka dari itu kami berencana menambahkan tiga unit
komputer lagi dengan spesifikasi pentium 4 + LCD Monitor, serta perbaikan
beberapa komputer lama yang komponennya banyak yang rusak seperti : Power
Supply, Kabel Power, Hardisk, keybord dan mouse.
4. Pemasangan Jaringan Lan dan Router untuk 10 komputer
Guna membagi serta memfungsikan seluruh
komputer yang ada agar bisa mengakses jaringan internet yang nantinya akan
dipasang, maka diperlukan instalasi jaringan Lan dan dibutuhkan Router untuk
seluruh unit komputer, Router yang dulu dimiliki oleh MTs Al Mukarromin hanya
berisikan 6 lubang Lan serta kondisinya sudah rusak sehingga kami mengharap
untuk pemasangan kembali jaringan Lan dan Router bagi Lab komputer di MTs Al
Mukarromin.
Catatan : Untuk Tenaga
servis dan pemasangan jaringan pihak sekolah sanggup menanganinya sendiri tanpa
perlu menambah biaya unutuk memanggil tukang servis dari luar.
1.
BAB III
BIAYA
Biaya yang diperlukan untuk Perbaikan
alat-alat laboratorium komputer di MTs Al Mukarromin adalah sebagai berikut:
Gedung
dan Fasilitas Laboratorium Komputer Yang Dibutuhkan Saat Ini adalah
No
|
Peralatan/Gedung
|
Jumlah Unit
|
Harga Per Unit
|
Total Harga
|
1
|
Komputer (PC) + LCD
|
3
|
1.800.000
|
5.400.000
|
2
|
Memory 512 Mb
|
8
|
120.000
|
960.000
|
3
|
Power Suply
|
3
|
65.000
|
195.000
|
4
|
Hardisk 80 Gg
|
3
|
120.000
|
960.000
|
5
|
Keybord dan Mouse
|
4
|
75.000
|
300.000
|
6
|
Pemasangan Modem
|
1
|
275.000
|
275.000
|
7
|
Router 10 Lubang Lan
|
1
|
300.000
|
300.000
|
8
|
Kabel Jaringan
|
10
|
75.000
|
750.000
|
9
|
Tang Penyambung LAN
|
1
|
100.000
|
100.000
|
10
|
Transportasi
|
1
|
50.000
|
50.000
|
Jumlah Biaya
|
9.290.000
|
Total
anggaran bantuan yang diajukan dalam proposal ini sebesar Rp. 9,290,000,00 (Sembilan juta dua ratus
Sembilan puluh ribu rupiah)
Wadak
Kidul, 28 Agustus 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Penanggung
Jawab Lab Komputer
Khoirul
Anam, S.T M. Mundir Asror, S.Hi
BAB IV
KESIMPULAN
Kebutuhan
fasilitas laboratorium yang memadai bagi MTs Al Mukarromin akan berdampak
secara langsung pada peserta didik untuk mempersiapkan kemampuan dan
ketrampilan dalam mengaplikasikan teori dan praktek yang ada di institusi,
dengan kasus nyata di dalam dunia kerja.
Mengingat
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat menuntut kebutuhan
sarana dan prasarana yang lengkap khususnya bidang penunjang pendidikan yaitu
laboratorium.
Laboratorium
menjadi pendukung pendidikan yang sangat penting untuk dipenuhi oleh sebuah
institusi termasuk di lingkungan MTs Al Mukarromin. Dengan pemenuhan tersebut
para alumni akan siap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maupun bekerja
baik skala lokal maupun nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar