MTS Kita Bersama

MTS Kita Bersama
Hanya dengan semangat dan kerja keras, Kita bisa memajukan Madarasah Kita yang tercinta ini

Jumat, 22 Juli 2011

RPP IPS Ekonomi 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
                                    Mata pelajaran             : IPS ( Ekonomi)
                                    Kelas / Semester          : IX / Gasal
Pertemuan                   : 2 x 40 menit
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
           
            1. Standart kompetensi           : Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
            2. Kompetensi dasar               : Mendeskripsikan Uang dan lembaga keuangan
            3. Indikator
Kogntif
Konten
1)      Dapat mengidentifikasi sejarah terjadinya Uang dan pengertian Uang
2)      Dapat mengidentifikasi syarat-syarat suatu benda dapat di jadikan uang
3)      Dapat mendeskripsikan fungsi uang (Fungsi asli dan fungsi turunan)
   Proses
1)      Dapat mengenali sejarah terjadinya Uang dan pengertian uang
2)      Dapat menjelaskan sejarah terjadinya uang dan pengertian Uang
3)      Dapat mengenali syarat-syarat suatu benda da[at di jadikan Uang
4)      Dapat mengenali fungsi uang (fungsi asli dan fungsi turunan)
Afektif
Perilaku berkarakter
1)      Mendengarkan, menyimpulkan, tanggap dalam menganalisa, dan cepat mencari pasangan
Perilaku sosial
2)      Menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dengan teman, dapat memposisikan diri.
            4. Tujuan Pembelajaran
                  Kognitif
                  Konten
1)      Di berikan skema berupa gambaran yang menarik tentang sejarah terjadinya Uang dan menyimpulkan pada pengertian Uang dengan benar 90%
2)      Di berikan uraian yang berisi syarat-syarat suatu benda dapat di jadikan Uang, siswa mengenali dengan benar. 90%
3)      Diberikan skema fungsi Uang, siswa dapat mengenali dengan benar. 90%
Proses
4)      Di berikan gambaran tentang sejarah terjadinya uang siswa dapat mendeskripsikan dengan benar. 90%
5)      Di berikan poin-poin yang menjadikan syarat suatu benda dapat di jadikan uang, siswa dapat mengidentifikasi dengan benar. 90%
6)      Di berikan skema tentang fungsi Uang siswa dapat mengidendifikasi dengan benar.  90%
Afektif
Perilaku berkarakter
1)      terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat mengidentifikasi,  bekerja sama, berfikir dan mencari pasangan dengan baik. minimal ada  kemajuan yang di capai.
Keterampilan sosial
2)      Telibat dalam KBM yang berpusat pada siswa siswa dapat mengidentifikasi dengan baik, bertanggung jawab, bekerja sama mencari pasangan, dan dapat menempatkan pada posisi diri.
5. Model pembelajaran
1)      Model              :  Model pembelajaran lansung ( MPL )
:  Model pembelajaran kooperatif ( MPK ) Make-A Match
2)      Metode            :  Kuis, mencari pasangan
6. Bahan                      : lembar kerja, kartu soal, dan kartu jawaban
7. Proses belajar mengajar
            Pendahuluan  ( 15 menit )
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.      Memberikan gambaran tentang apa yang akan di pelajari dan mengajak mengingat kembali pelajaran pada kelas VIII
2.      memberikan motivasi
3.      menyampaikan inti tujuan Pembelajaran meliputi konten, proses, perilaku berkarakter, dan ketrampilan sosial.





           

            Inti ( 55 menit )
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.      Menyampaikan Informasi bagaimana sejarah terjadinya Uang, setelah itu dilanjutkan dengan syarat-syarat suatu benda dapat di jadikan Uang dan fungsi Uang (fungsi asli dan fungsi turunan) pada buku siswa (hal ...) sambil memperhatikan siswa menjadi pendengar yang baik. Setelah itu umpan balikanya siswa diharapkan dapat mengingat dengan baik di gali dengan mencari pasangan dari kartu soal dan kartu jawaban yang di sediakan.
2.      Memberikan penjelasan dan mengkoordinir siswa untuk dapat menentukan pasangan yang tepat berdasarkan pada kartu soal dan kartu jawaban.
3.      Memberikan bimbingan pada siswa yang kurang dapat memahami informasi yang di berikan /di sampaikan.
4.      Meminta siswa berbaris di luar bangku dan akan diberikan masing-masing kartu yang berisi kartu soal dan kartu jawaban.
5.      permainan di bagi 3 babak setiap babak diambil 3 pasangan yang tercepat.
6.      pasangan yang tercepat akan memperoleh door price dst.
7.      melakukan evaluasi dari model pembelajaran yang telah berlangsung.
8.      memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dan berpendapat.







Penutup  (10 menit )
Kegiatan
Penilaian
1
2
3
4
1.      Melakukan kesimpulan materi yang telah di informasikan.
2.      memberikan informasi materi yang akan di sampaikan pada pertemuan yang akan datang yaitu jenis-jenis Uang ( Uang kartal dan Uang giral) nilai mata Uang (nilai Nominal dan nilai intrinsik, nilai Internal dan nilai eksternal).






Ketrampilan berkarakter
Format pengamatan
Nama :
No
Rincian tugas kerja
Memerlukan
perbaikan
(D)
Menunjukkan
kemajuan
(C)
Memuaskan
(B)
Sangat
Baik
(A)
1
2
3
4
5
Mendengarkan dengan baik
Bekerjasama mencari pasangan.
Menempatkan posisi diri
Kemampuan menganalisa
Kecepatan mencari pasangan















Ketrampilan Sosial
Format pengamatan
Nama :
No
Rincian tugas kerja
Memerlukan
perbaikan
(D)
Menunjukkan
kemajuan
(C)
Memuaskan
(B)
Sangat
Baik
(A)
1
2
3
4
5
6
Pendengar  yang baik
Tanggap dalam berkomunikasi.
Bertanggung jawab
Menghormati teman
Menerima kekalahan
Berusaha tanpa putus asa





                                                                                   

                                                                                                Gresik, ...........
                                                                                                Pengamat,

                                                                                                (                                )
                                                                                                Haqqul Mubin, S.Pd.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
                                    Mata pelajaran             : IPS ( Ekonomi)
                                    Kelas / Semester          : IX / Gasal
Pertemuan                   : 2 x 40 menit
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit 
            1. Standart kompetensi           : Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
            2. Kompetensi dasar               : Mendeskripsikan Uang dan lembaga keuangan
            3. Indikator
Kogntif
Konten
1)      Dapat mengidentifikasi jenis-jenis Uang (Uang kartal dan Uang giral)
2)      Dapat mendeskripsikan nilai mata Uang (nilai intrinsik,nilai nominal,nilai internal, dan nilai eksternal)
   Proses
3)      Dapat mengenali jenis-jenis  Uang ( Uang kartal dan Uang giral)
4)      Dapat membedakan jenis-jenis Uang ( Uang kartal dan Uang giral)
5)      Dapat mengenali nilai mata uang ( Nilai intrinsik,nilai nominal, nilai internal dan nilai eksternal)
6)      Dapat menjelaskan nilai mata uang ( nilai intrinsik, nilai nominal, nilai internal,nilai eksternal )
Afektif
Perilaku berkarakter
1)      Mendengarkan, menyimpulkan, tanggap dalam menganalisa, bekerjasama, menghargai pendapat orang lain.
Perilaku sosial
2)      Menjadi pendengar yang baik, menghargai pendapat teman, berkomunikasi dengan teman, dapat memposisikan diri.
            4. Tujuan Pembelajaran
                  Kognitif
                  Konten
1)      Di berikan Informasi berkaitan dengan jenis-jenis uang (uang kartal dan Uang giral) siswa mengenali  dengan benar 90%
2)      Di berikan informasi berkaitan dengan nilai mata uang (nilai intrinsik,nilai nominal, nilai internal, nilai eksternal), siswa mengenali dengan benar. 90%
Proses
3)      Di berikan gambaran tentang jenis-jenis uang (uang kartal dan uang giral) siswa dapat mendeskripsikan dengan benar. 90%

Tidak ada komentar: